Mataram,RNETnews.com - Francesco Bagnaia kembali menunjukkan kelasnya di ajang MotoGP Jepang 2024 dengan meraih gelar ganda yang spektakuler. Pembalap Ducati Lenovo ini tidak hanya menjuarai balapan sprint pada Sabtu 5 Oktober 2024 kemarin, tetapi juga berhasil menaklukkan balapan utama di Sirkuit Motegi pada hari ini. Minggu,(6/10).


Kemenangan ganda ini membawa Bagnaia semakin mendekati rival utamanya, Jorge Martin, dengan selisih poin yang kini hanya terpaut 10 angka. Dengan empat seri tersisa, persaingan untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2024 semakin memanas dan penuh ketegangan.


Jalannya Balapan

Bagnaia memulai balapan utama dengan agresif, langsung mengambil alih posisi terdepan dari Pedro Acosta di Tikungan 1. Setelah itu, ia tak terkejar hingga garis finis, meninggalkan Jorge Martin di posisi kedua. Martin, yang sebelumnya finis keempat dalam sprint race, menunjukkan performa yang solid namun belum mampu mengungguli Bagnaia.


Marc Marquez, pembalap Gresini Ducati, kembali naik podium dengan finis di posisi ketiga, sama seperti hasil yang diraihnya dalam sprint race. Enea Bastianini, yang menjadi runner-up dalam sprint race, kali ini harus puas finis di posisi keempat, bertukar tempat dengan Martin.


Insiden dan Pergantian Pembalap

Miguel Oliveira absen dalam balapan ini setelah mengalami patah tulang pergelangan tangan kanan di Mandalika. Posisinya digantikan oleh Lorenzo Savadori dari Aprilia, yang sayangnya gagal finis di Motegi. Sementara itu, Remy Gardner, pembalap reguler World Superbike, tampil untuk ketiga kalinya musim ini bersama Yamaha dan finis di urutan ke-17.


Klasemen Sementara

Dengan hasil ini, klasemen sementara MotoGP 2024 semakin ketat. Jorge Martin masih memimpin dengan 392 poin, diikuti oleh Francesco Bagnaia dengan 382 poin. Enea Bastianini dan Marc Marquez berada di posisi ketiga dan keempat dengan selisih poin yang tipis, masing-masing 313 dan 311 poin.


Berikut adalah hasil lengkap balapan MotoGP Jepang 2024:


Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Jorge Martin (Pramac Ducati)

Marc Marquez (Gresini Ducati)

Enea Bastianini (Ducati Lenovo)

Franco Morbidelli (Pramac Ducati)

Brad Binder (Red Bull KTM)

Marco Bezzecchi (VR46 Ducati)

Fabio Di Giannantonio (VR46 Ducati)

Aleix Espargaro (Aprilia Factory)

Jack Miller (Red Bull KTM)

Johann Zarco (LCR Honda)

Fabio Quartararo (Monster Yamaha)

Takaaki Nakagami (LCR Honda)

Luca Marini (Repsol Honda)

Raul Fernandez (Trackhouse Aprilia)

Alex Rins (Monster Yamaha)

Remy Gardner (Monster Yamaha)

Pembalap yang tidak finis: Pedro Acosta, Maverick Viñales, Augusto Fernandez, Lorenzo Savadori, Joan Mir, dan Alex Marquez.


Menanti Seri Berikutnya

Setelah MotoGP Jepang, para pembalap akan menikmati libur akhir pekan sebelum kembali beraksi di MotoGP Australia pada 20 Oktober. Dengan persaingan yang semakin ketat, setiap seri berikutnya akan menjadi penentu dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2024. (red.)