Mardovina Alexandra


Mataram,RNETnews.com - Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Yarman, S.Hut., M.P. menanggapi hilangnya seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia bernama Mardovina Alexandra (44) di Gunung Rinjani.


Pihaknya mengaku belum dapat memastika apakah WNA tersebut benar-benar melakukan pendakian ke Gunung Rinjani atau tidak.


 "Kami belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan benar-benar hilang di gunung, karena saat kami cek e-tiket tidak ada namanya tertera," katanya, saat dikonfirmasi melalu saluran telpon. Kamis, (12/09). 


Yarman juga mengatakan jika Informasi yang didapatkan menunjukkan bahwa Alexandra terlihat meninggalkan homestay Bukit Senaru Lombok Utara, pada jam 4 pagi di tanggal 30 Agustus 2024. Namun, dan keberadaannya setelah itu masih menjadi misteri. 


"Beberapa barang-barang pribadi miliknya sudah dibawa, namun sepeda motor dan helm masih tertinggal di penginapan."tandasnya.


Keluarga WNA yang hilang sudah melaporkan kejadian tersebut, dan telah dilakukan upaya pencarian. Tim pencarian akan bergerak selama empat hari, dimulai dari tanggal 12 hingga 15 September 2024. 


Tim pencari berangkat ke Gunung Rinjani pagi tadi dan memulai pencarian dari pintu masuk Desa Senaru. Rencana pencarian mencakup beberapa titik, di antaranya Jalur Senaru-Plawangan Senaru (radius ±7 km), Plawangan Senaru-Jalur Sangkareang (radius ±2 km), Plawangan Senaru-Jalur Batu Ceper (radius ±2 km), dan Plawangan Senaru-Jalur Santong (radius ±3 km). 


Apabila dalam waktu empat hari Mordovina Alexandra belum ditemukan, maka tim akan melakukan evaluasi mendalam dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengoptimalkan proses pencarian. (red.)