Pembekalan KKN Bina Desa Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Selong.

Lombok, RNETnews.com 
-Universitas Hamzanwadi laksanakan Pembekalan Program KKN Bina Desa Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Selasa, 06 Agustus 2024 bertempat di GOR Universitas Hamzanwadi. Peserta KKN Bina Desa berjumlah 1045 Peserta yang terdiri dari 6 Fakultas di Universitas Hamzanwadi.

Pembekalan KKN Bina Desa ini menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai instansi yang tergabung dalam mitra Program KKN Bina Desa diantaranya adalah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) Program Nusa Tenggara Barat dan otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hamzanwadi Dr. Abdullah Muzakar, M.Si menyampaikan bahwa Program KKN bina desa ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan stimulus dalam masyarakat serta mampu menjadi mitra desa dalam membangun dan mengembangkan Desa .

Selain itu juga, muzakar menyampaikan bahwa Mahasiswa Universitas Hamzanwadi aktif dan mampu memberikan ide-ide kreatif, inovatif dan solusi dalam membantu desa menyelesaikan masalah-masalah yang ada di desa diantaranya adalah masalah Literasi Keuangan, Pendidikan Inklusif, Stunting, dan beberapa SDGs yang harus dicapai.

Ketua Panitia KKN Bina Desa Universitas Hamzanwadi  2024 berbasis SDGs yang juga merupakan kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi (P3MP) Universitas Hamzanwadi Dr. Abdul Rasyad M.Pd menyampaikan Pembekalan KKN Bina Desa Berbasis SDGs merupakan kegiatan pembekalan untuk menyiapkan kerangka dasar ketika adik-adik mahasiswa diterjunkan ke masyarakat.

Abdul Rasyad juga menjelaskan Pembekalan ini menjadi dasar adik-adik mahasiswa dalam merancang program KKN berbasis SDGs. Walaupun tidak semua indikator SDGs dapat diintervensi di masyarakat, tetapi paling tidak materi yang disampaikan menjadi acuan dalam merencanakan program aksi riil di masyarakat.
 
Pembekalan ini mencakup program stunting, Literasi keuangan dan Pendidikan Inklusif. Pembekalana ini merupakan salah satu tahapan dari pelaksanaan Program KKN Bina Desa Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Universitas Hamzanwadi tahun 2024. (Red.)