Penampakan saat api melahap Puluhan hektar hutan produksi milik PT Sadhana Arifnusa. Foto: Istimewa

Lombok Timur, RNETnews.com - Puluhan hektar hutan produksi milik PT Sadhana Arifnusa ludes terbakar. Kebakaran ini terjadi pada kawasan RTK 1 Gunung Rinjani HPP33,34 dengan titik koordinat X : 467001-Y : 9070513 di Desa Padak Goar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, pada Jumat siang (9/8). 

Asap tebal membumbung tinggi, sementara api dengan cepat merambat di lahan kering yang ditumbuhi semak belukar. Petugas gabungan dari pemadam kebakaran, kepolisian, TNI, dan RPH Sambelia berjibaku melawan kobaran api. Beruntung, sekitar pukul 19.00 WITA, api berhasil dijinakkan.

Kapolsek Sambelia, Iptu Fathul Munir, mengungkapkan bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. 

"Kami masih mengumpulkan bukti-bukti untuk mengetahui asal mula api," ujarnya. Meski demikian, ia memastikan bahwa kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu, penjaga lahan PT Sadhana Arifnusa yang pertama kali melihat kepulan asap menceritakan Upaya pemadaman awal dilakukan dengan peralatan seadanya sebelum bantuan datang.

 "Angin kencang membuat api semakin cepat menyebar," ungkapnya. 

Kebakaran hutan ini menimbulkan kerugian besar bagi lingkungan dan merusak ekosistem setempat.

Pihak berwenang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran, terutama di musim kemarau. Langkah-langkah pencegahan seperti membersihkan lahan dari material mudah terbakar dan tidak membakar sampah sembarangan perlu dilakukan untuk menghindari kejadian serupa. (red.)