PLN Unit Induk Wilayah NTB mendapatkan penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh LA TOFI School of Social Responsibility. Foto: Istimewa


Mataram, RNETnews.com – Dua program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN Unit Induk Wilayah NTB mendapatkan penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh LA TOFI School of Social Responsibility di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta (17/07). Dua program TJSL tersebut antara lain program “Perempuan Desa Sambiq Bangkol Untuk Penurunan Stunting” dan program “Mangrove Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan Desa” mendapat penghargaan Platinum Plus pada ajang tersebut. 


Pada program “Perempuan Desa Sambiq Bangkol Untuk Penurunan Stunting”, program TJSL PLN yang dilaksanakan di Desa Sambiq Bangkol Kabupaten Lombok Utara ini telah berhasil meningkatkan 83% dari status “gizi buruk” menjadi “gizi baik” dan status “lepas stunting” sebanyak 6 anak. Program yang dijalankan selama 3 bulan berturut-turut ini berupa pemberian asupan makanan rutin dan pelatihan pengolahan makanan bergizi serta sosialisasi untuk para Ibu-ibu.


Sedangkan pada program “Mangrove Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Pelestarian Lingkungan Desa”, program TJSL PLN selain telah meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui program Desa Wisata juga telah berhasil mengantar Dusun Poton Bako Desa Jerowaru Kabupaten Lombok Timur masuk dalam 100 besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada bulan Mei 2024 lalu. 


Chairman La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi, dalan sambutannya menyampaikan pandangannya. “Hari ini adalah penghargaan Nusantara CSR Awards 2024 yang ke lima belas. Ada tujuh puluh lima perusahaan yang mengikutinya dengan mendaftarkan 114 program yang semuanya membawakan cerita perubahan. Tentunya yang kami nilai adalah dampak dari cerita perubahan yang dilakukan,” jelasnya.


General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, menyampaikan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, apresiasi yang kami terima hari ini menjadi penanda bahwa program TJSL PLN berada pada jalur yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). TPB atau SDGs pada era sekarang telah menjadi arah program TJSL yang juga menjadi acuan negara-negara lainnya. Sehingga kita juga tidak boleh tertinggal,” tuturnya.


“Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh penggerak program TJSL PLN. Tanpa kerja keras dari semuanya, tentunya program-program TJSL PLN tidak akan berwujud apa-apa. Tak lupa kami sampaikan terimakasih juga pada seluruh stakeholder yang mendukung terselenggaranya program kami. Penghargaan ini bukan hanya untuk PLN, tapi lebih utamanya untuk para penggerak TJSL sebagai apresiasi dan penghargaan atas upaya dan kerja kerasnya selama ini,” pungkas Sudjarwo.


Nusantara CSR Awards sendiri merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility. Ajang ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik. Kriteria Penilaian seluruh program yang diikutkan pada Nusantara CSR Awards dinilai berdasarkan dampak positif yang ditimbulkan, inovasi, serta mudah untuk diterapkan dan diukur. (*)