Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lombok Timur,Usman 

Lombok Timur,RNETnews.com - Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lombok Timur,Usman mendesak Polres Lombok Timur untuk membongkar kasus pengiriman TKI ke luar negeri yang melibatkan oknum Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lotim.


Hal ini tentunya sebagaimana pengakuan oknum tenaga honorer Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lotim yang merupakan pelaku pembunuhan istrinya sesama honor di Dinas yang sama.


" Dari pengakuan oknum tenaga honda yang menjadi pelaku pembunuhan istri menjadi calo pengiriman TKI ke luar negeri," tegas Usman,Jumat (21|6).


Ia mengatakan oknum tenaga honda itu menjadi calo TKI ke luar negeri tentunya tidak berani melakukan tindakan yang sangat berbahaya itu kalau tidak ada pejabat penting di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lotim yang membekingnya.


Apalagi dengan adanya pengakuan oknum honorer itu yang telah menjadi calo sejak tahun 2021 lalu dengan telah membantu sekitar 40 orang lebih calon TKI bekerja di luar negeri sebagaimana yang saya baca di media, akan tapi ada sekitar belasan orang belum diberangkatkan namun uang orang sudah diambil oleh oknum tenaga honorer ini sehingga ditagih uangnya kembali.‎


Maka dengan adanya pengakuan ini tentunya menjadi jalan masuk bagi Polres Lotim untuk mengusut dan membongkar kasus pengiriman TKI tersebut.


" Tidak mungkin oknum tenaga honda berani kalau tidak ada pejabat penting dibelakangnya," ujarnya.


Oleh karena itu lanjut Usman,pihaknya akan mengawal kasus ini demi terbongkarnya dan terkuaknya kasus pengiriman TKI ke luar negeri yang melibatkan pihak oknum di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lotim.


" Kami akan kawal kasus ini sampai tuntas," terangnya. (Rj.)